Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

Strategi Jitu Membangun Relasi Kerja, Nomor 3 Simpel Banget


Apa sih relasi kerja itu? Menurut KBBI, relasi adalah sinonim dari hubungan. Maka dari itu relasi kerja artinya adalah hubungan kerja. Membangun relasi kerja tentu saja membutuhkan proses yang tidak sebentar. Meski gampang-gampang susah, namun ada kok Strategi Jitu Membangun Relasi Kerja, Nomor 3 Simpel Banget yang udah Gawe.id rangkumin cuma buat kamu. Apa saja ya? Yuk disimak baik-baik ya.

1. Menyadari pentingnya punya relasi kerja

   Tidak semua menyadari pentingnya memiliki relasi kerja. Mungkin buat kamu yang tidak terlalu suka memiliki banyak teman pun menganggap demikian. Namun, memiliki relasi kerja sama pentingnya dengan memiliki teman di luar pekerjaan.

Pasalnya, dalam melakukan pekerjaan tidak mungkin dong kamu hanya melakukan sendirian, meski kamu termasuk tipikal orang yang self employe. Kamu otomatis bakal melakukan koordinasi untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Maka salah satu syarat keberhasilan kamu dalam bekerja adalah kuatnya relasi horizontal dan vertikal. Mungkin terdengar asing bagi kamu yang awam soal lingkungan kerja. Relasi secara horizontal adalah hubungan kamu dengan sesama karyawan. Sementara relasi vertikal terjalin antara kamu dengan atasan.

2. Bangun citra diri yang baik, tapi jangan lebay

   Membangun citra diri sangat penting untuk membangun relasi kerja. Dengan membina reputasi yang baik di tempat kerja, kamu bakal dianggap bisa diandalkan. Dari sinilah relasi kerja berdatangan kepadamu tanpa ragu. Kamu juga bisa memberikan kesan antusias terhadap tanggung jawab yang kamu kerjakan. 

 

Eits, jangan salah. Hal tersebut tidak hanya dilakukan terhadap atasan. Kamu juga wajib melakukannya terhadap customer juga. Jangan lupa untuk tetap menjaga citra baik dan profesional di depan teman kerja juga.

Tentu saja kamu lebih baik untuk tidak berlebihan dapat membangun citra diri berlebihan bahkan sampai menyakiti sesama. Wah, berabe nanti. Yang ada bukan relasi tetapi musuh yang kamu dapat.

3. Tampil enak dipandang mata, ga harus good looking!

   Masih ada saja orang yang menganggap kalau nggak good looking nggak punya relasi. Salah banget dong. Kamu bisa mencobanya dengan menjaga penampilan dengan prima lho.

Penampilan dan sikap kamu adalah cerminan diri di mata orang lain. Makanya, salah satu cara membangun relasi kerja yang baik dengan orang lain adalah dengan tampil necis dan adem di mata.

Nah, itulah berbagai Strategi Jitu Membangun Relasi Kerja, Nomor 3 Simpel Banget yang bisa kamu coba lho. Yuk tetep simak terus berbagai tips dan trik dari Gawe.id ya. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.