TIPS MUDAH MENGHAFAL BUAT KAMU YANG SUKA LUPA




Hallo Sobat Gawe !!! Pernah gak sih kalian merasakan susah sekali menghafal padahal sebenarnya itu hal yang mudah sekalipun sudah hafal eh cepet banget lupanya. Nah tenang kali ini mimin akan bagikan ke kalian bagaimana sih cara cepat menghafal ini akan sangat berguna bagi sobat gawe yang ingin meningkatkan kemampuan dalam mengingat sesuatu. Sebenarnya, cara cepat menghafal ini sangat sederhana. Namun, dampaknya akan sangat baik untuk kemampuan berpikir kita loh. Berikut merupakan cara – caranya yang bisa kita terapkan :

  1. Mengulang-ulang informasi

Sebenarnya, cara cepat menghafal yang satu ini mungkin akan dianggap klise bagi beberapa orang. Namun nyatanya, mengulang-ulang informasi atau pelajaran untuk menghadapi ujian di sekolah maupun di kantor, adalah cara cepat menghafal yang efektif.Tidak hanya itu, mengulang-ulang informasi juga bisa meningkatkan kemampuan ingatan jangka pendek.

  1. Menuliskan informasi

Cara cepat menghafal yang kedua adalah menuliskan ulang yang kalian harus hafalkan. Misalnya, kalian harus mempresentasikan pencapaian kepada atasan. Tuliskan saja dulu pencapaian-pencapaian kalian di kertas. Menuliskan kembali informasi yang ingin dihafal, ingatan akan semakin terasah.

  1. Lupakan “sistem kebut semalam”

Sistem kebut semalam adalah cara cepat menghafal yang kuno dan tidak efektif. Jika kalian masih punya waktu, hindarilah sistem kebut semalam ini. Sebab, menghafal sesuatu dalam jangka waktu yang panjang, dipercaya lebih efektif.

  1. Meditasi

Setelah kalian melakukan beberapa cara menghafal di atas, cobalah meditasi. Dalam sebuah riset, meditasi terbukti bisa meningkatkan fungsi otak untuk mengingat dalam jangka pendek maupun panjang.Hasil penelitian itu juga memperlihatkan gambar otak dari para responden. Mereka yang lebih sering bermeditasi, memiliki otak yang lebih sehat, sehingga untuk menghafal sesuatu pun jadi lebih mahir.

  1. Mendapatkan tidur yang berkualitas

Cara cepat menghafal di atas akan tidak efektif, jika kalian sendiri tak mendapatkan tidur yg bagus di malam harinya. Tidur adalah hal penting untuk kesehatan otak. Jika pola tidur terganggu, maka fungsi kognitif juga akan terganggu pula.Sebelum menghadapi ujian atau pertemuan dengan atasan, terapkan pola tidur yang sehat agar kalian bisa mengingat segala informasi yang sudah dihafal sebelumnya.Untuk orang dewasa, usahakan tidur sekitar 7-9 jam setiap malam, agar fungsi kognitif dalam mengingat jadi tak terganggu.

Berikut merupakan tips menghafal bagi kalian yang sering lupa, yuk kita terapkan dalam kehiduoan sehari-hari ya.