Manfaat Bergabung dan Aktif di Komunitas




Hallo Sobat Gawe !! Tahukah Kalian jika bergabung dengan komunitas merupakan

salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap jalan dan kesuksesan karir seseorang. Komunitas jadi wadah yang bisa dimanfaatkan untuk menambah jaringan pertemanan, relasi, tempat berbagi dan berkumpul bersama orang-orang yang punya satu kesamaan hobi, visi, sampai profesi.Yuk Simak apa saja manfaat ikut komunitas untuk kehidupan karir kamu:

 

  1. Melatih Kemampuan komunikasi

Saat berada di dalam suatu komunitas kamu akan bertemu dengan banyak orang dan melakukan interaksi. Hubungan yang terjalin di komunitas akan membuatmu terbiasa berbicara dengan banyak orang, mengeluarkan pendapat, berdiskusi atau sekedar bercerita seputar hobi dan berbagi informasi terkini.

 

  1. Belajar negosiasi

Komunitas itu bentuknya diskusi terbuka, lewat diskusi, kamu bisa menyuarakan gagasan yang kamu punya untuk sebuah tujuan komunitas. Misalnya saat komunitas akan mengadakan acara penggalangan dana untuk korban bencana, kamu bisa ikut andil memberikan ide-ide dan berdiskusi mencari jalan tengah bersama anggota komunitas lain. Atau saat komunitas membuat kegiatan lain dan membutuhkan sponsor, menawarkan kerja sama dengan calon sponsor juga bisa melatih kemampuan negosiasi kamu.

 

  1. Membuka wawasan lebih luas

Di komunitas kamu juga akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Kamu bisa mendapat banyak insight dan pengetahuan baru. Misal di dalam komunitas pesepeda pasti terdiri dari banyak orang yang punya pekerjaan dan level kerja yang berbeda-beda. Kamu bisa berkenalan dan cari tahu banyak hal tentang pekerjaan dan pengalaman anggota komunitas lain untuk mendapatkan gambaran dan wawasan seputar karir.

 

  1. Menambah poin plus di CV dan portofolio

Memiliki CV ( curriculum vitae ) dan portofolio yang bagus semakin memudahkan kita dalam menemukan pekerjaan setelah lulus dari jenjang pendidikan. Salah satu cara untuk menambah kemampuan yang kita miliki dalam CV dan portofolio yaitu dengan bergabung di sebuah komunitas. Komunitas mendorong kita untuk lebih produktif, mengerjakan suatu project, pameran, pertunjukan, yang pada akhirnya bisa menjadi nilai tambah saat memasuki dunia kerja.

 

  1. Relasi jadi makin luas

Berawal dari interaksi yang dibangun di komunitas, kamu bisa mendapatkan relasi yang luas. Relasi ini bisa jadi jalan kamu bertemu dengan peluang karir. Jadi jangan ragu berkenalan dengan orang lain di dalam komunitas ya, siapa tau ia mereka bisa membantumu menuju sukses lewat pengalaman dan ilmu yang mereka bagi.