Bagi yang belum berpengalaman, menulis CV dapat menjadi salah satu hal yang paling menantang dalam mencari kerja. Masalahnya, kebanyakan orang HRD melihat satu CV hanya dalam hitungan detik saja. Karena jumlah CV yang masuk setiap harinya super banyak dan menumpuk, mereka hanya akan membaca sekilas satu per satu CV tersebut. Nah, Sobat Gawe kepo nggak nih, gimana sih caranya biar mereka tertarik dengan CV kita? Yuk simak tips di bawah ini!

  1. Tulislah CV yang singkat, padat dan jelas

Biasanya, CV tidaklah lebih dari dua halaman kertas A4. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mereka tidak akan berlama-lama membaca CV kita. Jadi, alangkah baiknya jika CV kita ditulis dengan singkat, to the point, dan tidak bertele-tele. 

  1. Sesuaikan CV-mu 

Jangan kirimkan satu CV yang sama ke banyak perusahaan, tetapi, sisihkan waktumu untuk mengganti sedikit isinya sesuai dengan perusahaan yang kamu daftar. Cari tahu lebih dalam tentang perusahaan tersebut dan tunjukkan skill-skill yang sekiranya diperlukan untuk dimasukkan ke dalam CVmu. 

  1. Masukkan Informasi yang benar & jujur

Janganlah berbohong saat menulis CV! Karena itu akan menimbulkan masalah besar di kemudian hari apabila perusahaan melakukan background check terhadap profile kamu! Terlebih lagi, jika saat interview kamu tidak bisa menjawab pertanyaan seputar informasi
Palsu” yang kamu masukkan kedalam CV, pasti bakalan canggung banget! 

  1. Selalu Update CVmu

Sedang mencari kerja atau tidak, bukan jadi alasan bagi kamu untuk tidak membuat CV. Tetap update CVmu jika ada hal besar yang berpengaruh dalam perjalanan karirmu, seperti kegiatan volunteer, dll. Segera masukkan informasinya kedalam CVmu sebelum lupa. 

  1. Percantik CV-mu

Di era digital ini, visual adalah hal yang cukup penting untuk menarik peminat suatu produk. Sama halnya dengan CV-mu, berikan warna-warna dan desain yang menarik untuk menarik perhatian HRD. Banyak sekali penyedia desain CV yang menarik dengan harga cukup affordable, lho! Sobat Gawe bisa googling sendiri untuk tau harganya. 

 

Sumber : https://www.totaljobs.com/advice/successful-cv