List Produk Google Yang Buat WFH Semakin Produktif




Hallo Sobat Gawe !!! Pandemi yang masih terjadi menuntut sebagian besar kantor untuk menerapkan WFH ( work from home ) guna mengurangi angka penyebaran covid-19. Bagi kamu yang memulai menjalani work from home (WFH) agar tidak kebingungan dan tetap produktif seperti di kantor, berikut ada beberapa tips dari Google Tools yang sangat bermanfaat untuk kamu bekerja di rumah berikut ini:

1. Kelola Waktu dengan Google Calendar

Siapa yang sering banget mencatat jadwal nya di calendar kantor? terus kalau wfh jadi berfikir menggunakan apa, pasti kamu mengalami kebingungan dalam mengelola waktu. Kapan memulai pekerjaan, jam istirahat, dan kapan berhenti. Agar teratur seperti layaknya saat di kantor, kamu bisa mencoba pengingat jam dari Google Calendar dengan begitu pekerjaan kamu pun akan tertata dan tak lagi kebingungan, kamu pun bisa menentukan siapa saja yang akan mendapatkan pengingat di jam yang sama. Cara ini otomatis membantu produktivitas kamu dan tim walau bekerja di rumah.

 

2. Mudah mencatat apapun dengan Google Keep

Bagi Sobat Gawe yang bekerja sebagai Sekretaris khusunya yang bertugas untuk mencatat. Ada satu tools Google yang bisa banget bantu kamu. Google Keep ini tersedia di smartphone dan juga PC serta terdapat pula di Gmail dalam bentuk add on. Kamu dapat mencatat hasil rapat, intruksi dari atasan, dan bahkan Google Keep mendukung input suara yang nantinya secara otomatis diubah menjadi teks. Kemudian, dukungan foto dari kamera, mengunggah foto, catatan dan juga fitur checklist sangat memudahkan manajemen tugas-tugas kamu saat menyelesaikan pekerjaan.

3. Google Classroom sebagai platform edukasi

Bagi para pengajar seperti guru dan dosen, Tool Google Classroom bisa menjadi pilihan. Platform edukasi ini adalah untuk membuat kelas virtual, menentukan mata pembelajaran, dan tingkatan kelas. Kamu bisa membuat kelas virtual, setelahnya bisa mengundang murid-murid untuk bergabung dan dari sana guru dapat memberikan tugas secara online. Selain dari browser PC, Google Classroom bisa kamu untuk di Play Store.

4. Google Meet mudahkan komunikasi

Komunikasi yang awalnya dilakukan secara intens di kantor menjadi terhambat setelah penerapan WFH seperti saat ini. Beberapa hal-hal kecil yang kadang perlu dikomunikasikan di luar rapat rutin, juga biasa sering kita lakukan. Nah, sekarang kamu bisa mengandalkan Google Meet. Tool ini mendukung lebih dari 100 peserta untuk tergabung dalam satu ruang virtual atau disebut dengan conference call. Google Meet memungkinkan masing-masing peserta berkontribusi, ada tombol mute, video dan audio yang memudahkan giliran berbicara. Tool ini juga bisa diakses di browser PC kamu.

5. Jangan Lupakan Google Hangouts

Selain Google Meet yang bisa jadi alternatif, Google Hangouts juga bisa kamu coba. Tool ini telah lebih dulu ada sebelum Google Meet hadir. Namun sayangnya ada sejumlah batasan yang akan membuat kamu kurang leluasa.

Nah Sobat Gawe itu tadi tips buat wfh kamu semakin produktif menggunakan tools google yang gratis lagi. Tetap Jaga Jarak dan lakukan 3M dimanapun berada ya.