Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

10 KEMAMPUAN SOFT SKILL DALAM DUNIA KERJA


Hallo Sobat Gawe!! Sering dengar gak sih kalau hard skill aja gak cukup tapi soft skill juga perlu. Banyak perusahaan yang lebih terpacu untuk menghired kandidat yang memiliki soft skill diatas rata rata. Yuk simak apa aja sih kemampuan soft skill dalam dunia kerja: 

1. Manajemen konflik

Manajemen konflik merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki karena kompleksnya lingkungan pekerjaan di era modern sekarang ini. Lingkungan kerja saat ini terdiri dari berbagai generasi, teknologi, negara dan budaya yang berbeda dan tentunya permintaan pasar yang juga berbeda. Tempat yang memiliki perbedaan prioritas, cara kerja dan gaya berkomunikasi mudah menyebabkan terjadinya konflik. Menurut data, setiap orang menghabiskan 3 jam untuk menangani konflik. Oleh karena itu, kemampuan manajemen konflik menjadi suatu tuntutan yang harus dikuasai pencari kerja. Setiap orang nantinya harus memiliki kemampuan untuk memecahkan konflik tanpa berlarut-larut. 

2. Manajemen waktu

Ini mungkin tidak terlalu mengherankan, apalagi di era modern yang penuh dengan kompleksitas sekarang ini. Hal ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki karena setiap individu dituntut untuk bersaing satu dengan yang lainnya. Dan yang terbaik adalah orang-orang yang mampu menggunakan waktu dengan maksimal. Jangan sampai Anda harus tersingkirkan hanya karena Anda tidak memiliki kemampuan manajemen waktu yang tepat.

3. Manajemen stres

Rutinitas pekerjaan yang semakin bertambah membuat beberapa orang stress dan akhirnya resign. Manajemen stres juga merupakan suatu tuntutan keterampilan yang harus dimiliki. Keterampilan ini memungkinkan Anda untuk memiliki mental yang sehat sehingga Anda dapat memiliki tingkat fokus yang lebih baik. Pastikan kamu telah menguasai keterampilan untuk mengelola stres dan menghadapinya dengan baik. 

4. Keterampilan berkomunikasi

Ini bukanlah hal yang sangat mengejutkan. Komunikasi, baik tertulis maupun lisan telah menjadi bagian dari pekerjaan di era modern sekarang ini. hal ini juga semakin didukung dengan keragaman cara berkomuniaksi. Setiap orang memiliki akses untuk berkomunikasi dengan siapa saja dan kapan saja. Bagaimana dengan kemampuan komunikasi Anda? Pelajari cara-cara yang tepat dalam membangun keterampilan ini.

5. Budaya perusahaan

Setiap kita sudah bekerja di suatu perusahaan secara tidak langsung kita di tuntut untuk memahami value dan budaya perusahaan. Keterampilan yang kelima ini memang lebih dipertimbangkan untuk dimiliki para HR, tetapi tentunya penting dimiliki setiap orang. Budaya perusahaan merupakan faktor penting kesuksesan perusahaan. Jadi, setiap orang didalamnya haruslah memiliki kemampuan pemahaman akan budaya yang dimiliki oleh perusahaan. 

6. Service Excellent

Meskipun keahlian ini lebih diperuntukkan bagi mereka yang memiliki peran langsung menghadapi pelanggan. Pada dasarnya setiap orang yang bekerja pasti memiliki pelanggan, baik itu pelanggan yang merupakan pembeli produk atau jasa perusahaan dan juga rekan kerja yang bermitra dengan kita. Ya, ketika rekan kerja Anda meminta sesuatu dari Anda, mereka adalah pelanggan Anda. Karena itu, keterampilan ini diperlukan agar kita dapat menghadapi setiap pelanggan dengan cara yang tepat sehingga pelayanan diberikan memuaskan dan memberikan hasil baik.

7. Kecerdasan emosional 

Kecerdasan Emosional atau yang sering disebut dengan EQ menjadi satu tuntutan keterampilan yang harus dikuasai. Tentunya emosi merupakan sesuatu yang sulit dikendalikan. Dan disinilah Anda dituntut untuk dapat memiliki kemampuan dalam mengelola emosi Anda dengan tepat agar Anda tetap mampu menghasilkan kinerja yang luar biasa tanpa harus dipengaruhi oleh keadaan emosi tertentu. Apakah telah menguasai keterampilan ini? Jika belum, temukan beberapa pelatihan yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kecerdasan emosional. 

8. Produktivitas pribadi

Setiap orang ingin mempunyai karir yang cemerlang, tentu mereka harus meningkatkan produktivitas pribadi. Tentunya ini bukanlah hal yang asing lagi. Produktivitas membantu Anda untuk menghasilkan pekerjaan yang memuaskan. Untuk mempertahankan fokus bukanlah hal yang mudah. Pelajari gangguan yang dapat menghilangkan fokus dan temukan cara untuk mengatasinya. Sehingga, Anda akan tetap produktif sepanjang hari.

9. Kemampuan bercerita

Sebagai orang yang bekerja tentunya diperlukan dengan kemampuan ini, setiap anggota tim akan mampu untuk perlu mengomunikasikan kepada pendengar tentang hal yang mereka lakukan. Tentunya ini sangatlah penting untuk dimiliki, khususnya di era digital saat ini. Setiap orang dituntut untuk dapat bercerita dengan singkat padat dan jelas dalam menjalin kerjasama bersama rekan bisnis. Banyak juga ditemukan perusahaan pelatihan karier yang menawarkan kursus bercerita, khususnya di bidang bisnis. Jadi, jika Anda belum menguasai keterampilan ini, daftarkan diri Anda pada pelatihan yang tepat. 

10. Manajemen perubahan

Zaman semakin hari akan semakin mengalami kemajuan. Keterampilan terakhir yang akan diperlukan adalah kemampuan manajemen perubahan. Dengan segala sesuatu yang serba digital dan keadaan yang terus berubah-ubah, tentunya kemampuan ini sangatlah diperlukan untuk mampu bertahan dan beradaptasi di tengah kompleksitas.

 Sobat Gawe sudah tau kan apa saja kemapuan soft skill yang diperlukan. Jadi tunggu apalagi asah kemampuan diri untuk meningkatkan karir dengan soft skill. 

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.