Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

Tips Management waktu supaya produktif


Agar pekerjaan dan kehidupan pribadi seimbang, maka kita harus mampu membagi waktu atau sering disebut management waktu. Apasih yang kalian tahu tentang management waktu? Berdasarkan pendapat Artkinson, management waktu memiliki arti suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan dengan terencana agar seseorang mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Beberapa tips management waktu :

  • Management stress.

Banyaknya tekanan yang didapatkan dari berbagai sisi dapat menyebabkan meningkatnya stress seseorang, mengatur bagaimana cara menyikapi emosional yang selalu dialami harus dilakukan dengan baik agar tidak terjadi penumpukan beban pikiran yang akan berdampak pada turunnya kondisi kesehatan. 

  • Berusaha fokus pada pekerjaan.

Ketika bekerja usahakan tidak ada gangguan dari lingkungan maupun keinginan diri sendiri diluar pekerjaan dan waktu kerja. Terbiasa dengan pekerjaan yang sama akan dapat meningkatkan fokus, lakukan hal-hal yang dapat membantu fokus misalnya tidak mendengarkan lagu atau hal lain yang mengganggu pendengaran.

  • Ambil keputusan rasional.

Jangan terlalu banyak mengambil pekerjaan yang kemungkinan dapat menyita mayoritas waktu harianmu, terlalu memforsir kekuatan diri sendiri tidak baik dan bisa menyebabkan kelelahan.

  • Motivasi diri.

Selalu ingat bahwa pekerjaan yang sedang atau akan dilakukan adalah keinginan kita sendiri tanpa paksaan. Berilah apresiasi jika kita dapat melakukan pekerjaan itu dengan baik atau memenuhi target.

  • Skala prioritas.

Lakukan pekerjaan sesuai urgently atau deadline nya, tingkat kesulitan dan lama pengerjaannya. 

  • Hentikan kebiasaan menunda.

Jangan biasakan menunda pekerjaan karena dapat mengakibatkan penumpukan beban kerja dan malah tidak selesai sesuai target.

  • Jangan multitasking.

Fokus dulu pada satu pekerjaan baru mengerjakan pekerjaan lainnya setelah pekerjaan pertama seleseai. Hindari mengerjakan dua pekerjaan atau lebih secara bersamaan. Karena anda dapat hilang fokus dan tercampur antara pekerjaan satu dan lainnya.

  • Beri jeda istirahat.

Setelah mengerjakan suatu pekerjaan berikan jeda waktu untuk beristirahat sejenak karen tubuh juga membutuhkan rileks walaupun hanya sebentar.

  • Jaga pola tidur.

Sepulang kerja pasti akan mengalami kelelahan dan pastikan waktu tidur anda cukup.

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.