10 TIPS AGAR PEWAWANCARA TERKESAN DENGANMU




Hallo Sobat Gawe. Sering kali kita kebingungan untuk menyiapkan bagaimana wawancara yang membuat hrd terkesan dan bisa langsung hired kita, banyak yang merasa percaya diri dengan berbekal pengalaman yang ada di internet saja. Tahukah kalian jika membuat pewawancara terkesan tidkalah mudah, perlu beberapa hal yang disiapkan. Apa saja sih hal itu ? Buruan Simak Penjelasan di bawah ini yaa !!

1. Persiapkan Semua Dengan Matang

Hal terpenting sebelum kamu datang ke interview kerja adalah mencari tahu segala hal tentang calon kantormu tersebut. Dari mulai perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, alamat perusahaan hingga pekerjaan seperti apa yang akan kamu kerjakan nanti. Merupakan hal yang bagus juga bila kamu mencari tahu tentang siapa yang akan mewawancaraimu nanti. Terlebih lagi sudah ada sosial media seperti linkedin kalian bisa memantau siapa yang akan mewawancarai kalian lewat akun di linkedin

2. Berpakaian Profesional

Masih ada yang cuek terkait dengan gaya berpakaian, namun merupakan hal yang lumrah bila HRD perusahaan akan menilai penampilanmu terlebih dulu. Dengan berpakaian profesional berarti kamu telah menghargai perusahaan yang telah mengundangmu untuk wawancara kerja. Jadi pastikan kamu jangan sampai memakai dress saat interview kerja nanti. Jangan lupa juga untuk memperhatikan juga sepatu dan warna yang akan kamu kenakan.

3. Jangan Terlambat

Bila kamu datang terlambat, kamu hanya akan meninggalkan kesan yang tidak baik di mata HRD. Tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Jadi pastikan saat wawancara kerja nanti kamu datang tepat waktu. Jika kamu tidak mengetahui lokasi persis perusahaan yang memanggilmu untuk interview, kamu bisa datang untuk survei lokasi maksimal sehari sebelum hari interview. Ada baiknya untuk kamu datang 30 - 15 menit lebih awal. Bangun lebih Pagi dan Jangan begadang sebelum hari interview ya!

4. Ubah Mode Handphone Menjadi Silent

Sering dialami oleh beberapa kandidat yang lupa mematikan alat komunikasi, sampai ketika wawancara notifikasi bergetar dan berbunyi, sadarkah kalian jika ini akan mengganggu. Handphone yang berdering ditengah-tengah proses wawancara kerja akan memberikan kesan sangat tidak profesional. Jadi pastikan ya untuk menjadikan profile handphone ke mode senyap.

 5. Jangan Lupa Untuk Berjabat Tangan

Jabat tangan merupakan hal kecil yang kadang dilupakan oleh para job seekers. Jabatan tangan yang erat akan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang penuh dengan kepercayaan diri. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan dan mengakibatkan pewawancaramu terluka ya.

6. Berikan Senyuman

Siapa yang sering gugup hingga pelit senyum , bahkan sering memasang wajah flat datar. Jangan pernah meremehkan dari kekuatan ramah tamah. Dengan memberikan senyuman dan eye contact, akan membantu dalam membangun interaksi dengan pewawancara.

7. Jaga Bahasa Tubuh

Bagi yang kalau gugup suka keringetan atau bahkan gemetar saat akan diwawancara. Bahasa tubuh dapat menggambarkan perasaanmu, jadi berhati-hatilah dengan hal yang satu ini. Pastikan dudukmu tegap dan tetap pandang mata pewawancara. Dengan menjaga bahasa tubuh seperti tersebut dapat membuktikan bahwa kamu serius dan fokus ke wawancara. Membungkuk atau mengedarkan pandangan ke sekeliling ruangan mengindikasikan kamu kurang serius dan tidak fokus untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan.

8. Catat Hal Penting

Pernah lupa ketika sudah dijelaskan atau kamu bertanya dua kali tentang hal yang akan ditawarkan kepada mu ketika bekerja ? solusinya yaitu catat hal yang kamu anggap penting selama wawancara berlangsung. Mencatat tak hanya berguna untukmu saja, tapi bagi para HRD mereka akan beranggapan bahwa kamu memperhatikan terhadap apa yang HRD katakan.

9. Bawa Salinan CV-mu

Terkadang banyak yang merupakan satu hal penting ini, Banyak Hrd yang baru membuka lowongan mu dengan CV lama mu. Walaupun pewawancara telah mempunyai salinan CV-mu, namun tidak ada salahnya untuk membawa lagi salinan CV-mu lagi. Bawa salinan CV yang terbaru untukmu dan pewawancara. Salinan CV-m berguna saat pewawancara ingin membicarakan pengalaman kerjamu.

10. Ajukan Pertanyaan

Pasti tidak asing lagi jika di akhir wawancara selalu di tanya oleh HRD " Apakah ada pertanyaan ? ". Wawancara kerja yang bagus berarti adanya komunikasi dua arah antara pewawancara dengan yang diwawancara. Ini berarti, tak hanya pewawancara saja yang boleh mengajukan pertanyaan, kamu pun seharusnya mengajukan pertanyaan. Siapkan beberapa pertanyaan sebelum wawancara berlangsung, tanyakan saat pewawancara memberimu waktu untuk bertanya.

 

Berikut merupakan 10 Tips agar pewawancara terkesan denganmu. Jangan panik dan persiapkan semuanya sematang mungkin karena dengan wawancara kerja lah langkah kamu selanjutnya ditentukan.