Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

10 Rumus Excel yang Sering Dipakai dalam Dunia Kerja


Kita pasti sudah mengenal dengan Microsoft Excel yang sangat membantu di segala aspek kehidupan. Antara lain pendidikan, perniagaan, bahkan dalam dunia kerja. Banyak orang yang berlomba untuk bisa menguasai software ini. Nah, supaya tidak ketinggalan, Gawe.id telah merangkum 10 Rumus Excel yang Sering Dipakai dalam Dunia Kerja di bawah ini. Penasaran? Yuk simak pemaparannya di bawah!

  1. SUM

Pertama-tama, mari kita berkenalan dengan SUM. Nah, SUM ini adalah rumus yang paling banyak dipakai karena fungsinya untuk menjumlahkan angka-angka. Fungsinya tidak lain adalah untuk menambahkan data per cell, data dalam satu range, hingga data dalam beberapa range sekaligus.

  1. IF

Kamu juga perlu tahu tentang rumus IF. Nah, rumus ini memiliki fungsi untuk mengembalikan suatu nilai jika sebuah kondisi atau pernyataan bernilai benar.

Rumus ini juga menampilkan nilai jika kondisi tersebut bernilai salah. IF dapat digunakan untuk banyak kondisi dengan menggabungkan beberapa fungsi.

  1. LOOKUP

LOOKUP memiliki fungsi untuk mencari nilai sebuah data pada suatu kolom maupun row. LOOKUP jarang digunakan karena sudah diganti dengan VLOOKUP dan HLOOKUP.

  1. VLOOKUP

Berbeda dengan rumus sebelumnya, VLOOKUP memiliki fungsi untuk mencari nilai data pada sebuah tabel, dimana setelah ditemukan akan menampilkan nilai di kolom yang lain berdasarkan urutan kolom yang diinginkan.

Contoh penggunaan VLOOKUP yaitu menampilkan nomor telepon dari tabel yang memuat base perorangan.

  1. DATE

Fungsi excel berikutnya yang sering digunakan yaitu DATE. Nah, rumus DATE ini sangat berguna untuk menampilkan nomor seri sekuensial yang mempresentasikan suatu tanggal. DATE berfungsi untuk menemukan jika kondisi tahun, bulan, dan tanggal pada cell terpisah. Sangat membantu sekali, bukan?

  1. DAYS

DAYS digunakan untuk melakukan hitung mundur dari sebuah acara atau mengetahui masa kadaluarsa dari bahan makanan. DAYS juga digunakan untuk menghitung jumlah hari diantara dua tanggal. Cocok untuk kamu yang bekerja di restoran atau rumah bahkan, bahkan usaha kuliner.

  1. MATCH

Kamu juga harus mengenal tentang MATCH, yang berkaitan dengan mencari nilai tertentu pada sebuah tabel. Fungsi ini dapat mencari nomor urutan nilai. Misalnya urutan nama buah, Apel, Belimbing dan Cherry, maka posisi relatif atau urutan nomor ketiga adalah Cherry.

  1. CHOOSE

Fungsi ini digunakan untuk memilih dan menampilkan satu nilai pada sekumpulan atau satu list nilai. CHOOSE digunakan untuk memilih 1 nilai sampai 254 berdasarkan nomor indeks.

Contohnya adalah jika nilai 1 sampai 7 adalah nama hari dalam 1 minggu, maka CHOOSE akan menampilkan salah satu hari jika kita menggunakan nomor indeks 1-7

  1. FIND

FIND digunakan untuk menemukan suatu teks atau potongan teks tertentu pada sebuah cell yang berisi teks panjang.

Rumus FIND dapat bekerja dengan menghitung setiap karakter seperti byte tunggal atau byte ganda sebagai 1, FIND juga tak memedulikan pengaturan bahasa defaultnya.

  1. INDEX

Fungsi INDEX dipakai untuk mengambil atau menghasilkan sebuah nilai dari range atau tabel. Fungsi ini akan mengambil suatu nilai tertentu di range atau tabel yang kita inginkan.

Contoh "Wortel" dari list kolom sayuran {"Tomat","Wortel","Cabe"}, kita bisa melakukannya dengan fungsi INDEX dengan cara meng-index lokasi nilai yang kita inginkan. Pada contoh di atas, nilai "Wortel" terletak atau berada pada kolom ke-2.

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.