Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

Cara Sukses di Job Fair Online


Masa pandemi menjadi tantangan tersendiri untuk mencari kerja. Baik bagi yang baru lulus sekolah, kuliah atau masih menganggur sekalipun. Semuanya sedang berjuang untuk mencari pekerjaan di tengah pandemi. Salah satu alternatif yang paling mudah untuk mencari pekerjaan adalah dengan mendatangi virtual job fair atau job fair online. 

Apa itu virtual job fair online?

Virtual job fair adalah bursa kerja berbasis online. Mulai dari pendaftaran, mencari pekerjaan, melamar, bertemu dengan wakil perusahaan secara virtual. Pihak penyelenggara job fair online pastinya berusaha memberikan layanan yang terbaik agar pelamar kerja mengetahui semua informasi tentang banyak perusahaan. Selain itu, di virtual job fair juga ada sesi wawancara antara HRD perusahaan dengan para kandidat yang lolos dalam penyeleksian CV. Sebuah solusi yang baik di tengah pandemi ini.

Kelebihan virtual job fair online

Kalau di job fair luring pada umumnya, para job seeker atau pencari kerja harus repot-repot datang ke lokasi. Terkadang berjejalan dengan pelamar kerja yang lain. Namun, dengan virtual job fair online, pencari kerja tidak perlu mengeluarkan ongkos perjalanan, capek-capek antre panjang. Karena, bisa mencari dan melamar pekerjaan dari rumah saja.

Nah, kali ini Gawe.id akan membagikan cara agar sukses mendapatkan pekerjaan di virtual online job fair. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Pilih Platform Virtual Job Fair yang Tepat

Para pencari kerja harus tahu mana virtual job fair yang sungguhan dan mana yang abal-abal. Banyak sekali korban penipuan yang mengatasnamakan virtual job fair abal-abal, makanya kamu perlu hati-hati dalam memilih platform virtual job fair. Pilihlah platform yang memang sudah biasa menyelenggarakan job fair sebelumnya. Setelah mendapatkan platform yang tepat, kamu bisa segera mendaftarkan diri agar tidak kehabisan kuota peserta. Waspadai juga dengan virtual job fair yang memberikan iming-iming bayar di muka dengan jumlah fantastis langsung diterima kerja namun tidak jelas legalitasnya.

  1. Persiapkan CV dan Dokumen Lengkap

Curriculum Vitae (CV) menjadi hal terpenting dalam melamar pekerjaan di setiap perusahaan. Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan CV dengan sebaik mungkin. Sebelum submit, usahakan untuk kembali CV dengan teliti, mulai apakah susunan CV sudah tepat, tidak ada yang typo, penggunaan kata benar dan sebagainya. Nah, kamu juga jangan sampai lupa untuk melengkapi dokumen penting lainnya dalam bentuk soft copy file dan scan, seperti ijazah kelulusan, daftar nilai, pas foto, KTP, sertifikat dan lainnya.

  1. Pastikan Gadget Memadai

Demi kelancaran dalam mengikuti virtual job fair, sebelum mengikuti virtual job fair ini kamu perlu memastikan terlebih dahulu kalau gadget yang kamu gunakan sangat memadai. Mulai dari gadget, hingga internet yang digunakan. Pastikan kuota internet atau Wi-Fi tersedia dengan koneksi yang lancar.

  1. Cari Informasi Tentang Perusahaan yang Akan Hadir

Biasanya pihak penyelenggara job fair akan memberi informasi tentang perusahaan-perusahaan apa saja yang akan hadir di virtual job fair. Tugas kamu selanjutnya adalah mencari tahu profil setiap perusahaan yang kira-kira akan kamu pilih. Dengan begitu, kamu akan lebih menguasai tanya jawab ketika telah sampai di tahap wawancara.

Daftar Penyelenggara Virtual Job Fair

Berikut beberapa deretan penyelenggara virtual job fair yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  • vFairs
  • The National Virtual Career Fair
  • Job for Career
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  • Setiap Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.