Digital marketing specialist terbilang profesi yang cukup baru. Beberapa orang menyamakan digital marketing specialist seperti staf marketing pada umumnya. Namun nyatanya profesi ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Buat kamu yang penasaran dengan profesi satu ini, yuk simak Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Digital Marketing Specialist yang sudah Gawe.id rangkum buat kamu.
Sebelum kita berangkat ke tugas dan tanggung jawab, kita perlu tahu bahwa staf digital marketing atau bisa juga disebut dengan digital marketer merupakan profesi di bidang pemasaran yang menggunakan platform digital. Berbeda dengan marketing konvensional, digital marketer memanfaatkan berbagai platform digital yang ada di dunia maya.
Namanya saja berjualan melalui dunia maya, maka seorang digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan perusahaan. Branding inilah yang akan melahirkan brand awareness di mata masyarakat.
Dalam membangun brand awareness seorang digital marketer menggunakan platform digital seperti e-mail, website, juga media sosial. Karena pemanfaatan teknologi digital dalam dunia pemasaran diyakini dapat menjangkau konsumen lebih maksimal. Digital marketer juga harus mampu berkomunikasi dengan konsumen, lho.
Tugas digital marketing bisa terbilang banyak jumlahnya. Pasalnya digital marketer bertugas menjadi ujung tombak dilaksanakannya berbagai strategi marketing perusahaan. Tugas masing-masing perusahaan yang diserahkan kepada digital marketing specialist berbeda-beda. Namun berikut ini adalah tugas umum yang diserahkan perusahaan kepada seorang digital marketer.
Jangan dikira kalau digital marketer tidak lepas dari pekerjaan kreatif. Pasalnya, seorang digital marketer harus bisa menciptakan konten yang berkualitas untuk memudahkan pengguna ataupun audiens mendapat informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Kalau kamu berprofesi sebagai digital marketer, kamu harus berusaha agar konten yang dibuat menarik dan sesuai dengan target market.
Seorang digital marketer juga bertugas menjangkau target pasar melalui platform sosial media. Seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube, Tiktok, dan berbagai media social lainnya.
Social Media Marketing juga harus mampu membentuk berbagai strategi dalam rangka meningkatkan brand awareness produk, atau jasa melalui dunia maya. Tentu saja goal dinal dari strategi tersebut sampai mendapatkan pelanggan dari media sosial.
Kalau kamu menjadi seorang digital marketing specialist maka melakukan pemasaran melalui mesin pencari untuk pemasarkan produk/jasa menggunakan situs web bisnis tidak akan asing lagi. Berbagai search engine yang bisa terlibat dengan kamu seperti google, yahoo, safari dan lain-lain.
Pastikan kamu mengerti soal SEO, pasalnya website dapat berpeluang dapat banyak pengunjung karena situs kita berada di halaman atas search engine. Dari pengunjung tersebut nantinya akan lahir banyak konsumen.
Untuk menjadi seorang digital marketer diperlukan teknik tertentu, khususnya yang terkait dengan search engine optimization (SEO). Penerapan optimasi SEO sangat berperan pada krdibilitas perusahaan karena terbantu oleh rank pertama kolom pencarian.
Kamu juga bisa belajar search engine marketing (SEM), content marketing, e-mail marketing, video marketing, bahkan social media ads. Di masa kini, tidak dipungkiri lagi bahwa penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran sangat marak. Nah, kalau kamu tertarik menjadi seorang digital marketing specialist, belajarlah untuk membaca sasaran iklan dengan tepat, dan memanfaatkan setiap data yang diperoleh untuk pengembangan penjualan yang lebih baik.
Gawe.id
Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520
Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567
PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020
Subscribe Now
Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.