Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

Perbedaan Sales dan Marketing, Apakah Sudah Tahu?


Kita seringkali mendapati lowongan pekerjaan sales dan marketing di berbagai tempat. Baik di media sosial, flyer, brosur, maupun papan pengumuman. Nah, namun tidak semua orang tahu perbedaan dari peran sales dan marketing di lapangan. Walaupun marketing dan sales merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai revenue, tapi keduanya jelas-jelas memiliki peran yang jauh berbeda.

Memang, untuk beberapa orang yang belum memahami kedua bidang tersebut mungkin akan menganggap sama. Pada umumnya masyarakat sering mendapati sales dan marketing sama-sama menawarkan produk. Sales dan marketing adalah memang bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target.


Nah, kira-kira apa ya bedanya sales dan marketing? Yuk simak artikel yang sudah Gawe.id rangkum buat kamu.
Pengertian Sales dan Marketing Pada Umumnya

Tentu saja untuk mengetahui perbedaannya kita harus memahami bagaimana pengertiannya. Maka dari itulah termasuk poin pertama yang dibahas yakni tentang pengertian antara sales dan marketing.

Sales

Sales adalah seseorang yang berperan sebagai bagian dari suatu perusahaan yang kegiatannya menjual, memastikan produk yang terlihat maupun yang tidak terlihat laku. Sales juga bertugas untuk mengawasi harga yang sesuai dengan perencanaan awal yang sudah ditetapkan tetapi juga dengan persetujuan dan kesepakatan konsumen.

Marketing

Seorang marketing  keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis seperti merencanakan produk, menentukan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang dengan tujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan marketer adalah orang yang mengeksekusi rencana tersebut.

Secara singkat, sales ini merupakan penjualan dan marketing merupakan strategi untuk meningkatkan penjualannya.

Bagaimana tugas sales marketing?

Job deskripsi sales marketing antara lain sebagai berikut dilansir dari https://idcloudhost.com

  • Melakukan perencanaan produk
    Hal awal yang sangat penting dilakukan adalah perencanaan supaya penjualan bisa berjalan dengan lancar dan cepat.
  • Melakukan analisa pasar
    Hal ini masih berkaitan dengan yang pertama, setelah mengetahui keadaan pasar selanjutnya akan lebih mengetahui minat para konsumen atas produk yang dibutuhkan.
  • Menetapkan dan menentukan harga produk
    Strategi yang cocok digunakan adalah dengan menawarkan dengan harga rendah terlebih dahulu agar dapat menarik minat para konsumen.
  • Melakukan perencanaan promosi
    Bisa dilakukan dengan publikasi melalui internet, TV, radio maupun sosial media lainnya. Bentuk promosi lainnya bisa berupa pemberian bonus.

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.