TIPS DAN TRIK KERJA TIDAK SESUAI JURUSAN KULIAH




Hallo Sobat Gawe !!!

Sering terlintas dipikiran kita jika ingin mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman kita. Akan tetapi background pendidikan kita sering menjadi halangan. Kali ini Gawe.id memberikan tips dan trik untuk kalian yang ingin kerja tidak sesuai Jurusan . Kalian bisa mencoba hal hal berikut ini : 

  1. Volunteer 

Sudah banyak sekali di share diberbagai sosial media perihal volunteer. Cobalah untuk ikut serta sebagai volunteer (sukarelawan) di bidang baru yang ingin kamu geluti. Ini adalah langkah yang tepat untuk menjajal bidang yang sama sekali berbeda dan memperbaharui CV-mu.

  1. Networking

Tidak dipungkiri jika sebuah relasi dapat menguntungkan. Networking sangat ambil alih dalam berbagai hal tidak menutup juga untuk pekerjaan. Kesibukan sebagai volunteer juga memberikanmu kesempatan untuk bertemu banyak orang dan membangun jaringan baru. Siapa tahu, di antara mereka ada para ahli yang bekerja di bidang baru yang sedang kamu incar. Mendatangi berbagai acara seperti seminar dan workshop juga memperluas jalanmu bertemu orang-orang tersebut.

  1. Sertifikasi

Berkembang pesatnya teknologi dan ilmu membuat persaingan semakin ketat. salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan memperbanyak sertifikat. Banyak juga pekerjaan yang mensyaratkan sertifikat keahlian bagi para pelamarnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempelajari bidang keahlian yang ingin kamu geluti dan raih sertifikasi di bidang tersebut. Sertifikat keahlian ini bisa menjadi bekalmu bekerja di bidang yang berbeda dengan jurusan saat kuliah.

  1. Sesuaikan CV

Hal pertama yang dapat dijadikan referensi ke HRD adalah Curriculum Vitae. CV menjadi salah satu dokumen utama saat melamar pekerjaan. Nah, jika kamu belum sempat menjadi volunteer atau kursus keahlian yang dibutuhkan, maka sesuaikan CV-mu dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar. Cantumkan berbagai keahlian yang sudah kamu miliki sesuai dengan posisi yang sedang kamu bidik.

  1. Buktikan diri

Setelah semua cara dilakukan, ini saatnya kamu membuktikan diri pada saat wawancara. Sebab, HRD perusahaan pasti akan mencari tahu mengapa kamu ingin berganti bidang pekerjaan. Kamu juga akan bersaing dengan banyak kandidat berpengalaman. Kemampuan komunikasi menjadi hal yang berperan besar dalam tahap ini untuk menunjukkan bahwa kamu memang pantas diterima tentunya hal ini diimbangi dengan berbagai kenyataan dan kegiatan yang memang terjadi