Multitasking bagaikan hal yang harus bisa dikuasai di masa kini. Beberapa pekerjaan dan profesi terbaru kini membutuhkan seseorang yang bisa memegang beberapa tanggung jawab sekaligus. Terlebih lagi di masa yang serba cepat ini. Kemampuan multitasking jadi bagian yang tidak boleh absen dalam kehidupan ini.
Nah, namun sayangnya tidak semua orang tidak mengerti bagaimana cara menjadi sosok yang multitasking. Bahkan ada yang menyarankan untuk tidak bekerja dengan cara multitasking karena merusak otak. Terlalu banyak multitasking membuat seseorang menjadi kesulitan fokus. Namun nyatanya hal tersebut tidak terbukti benar. Beberapa orang memang dianugerahi dengan kemampuan multitasking. Nah, berikut ini kita akan membahas bagaimana cara mengasah multitasking yang sudah Gawe.id rangkum buat kamu. Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini.
Sebelum kita membahas soal bagaimana cara mengasah multitasking, kita harus tahu maknanya terlebih dahulu. Nah, multitasking merupakan gabungan dari sepasang kata multi dan tasking dalam Bahasa Inggris yang diartikan sebagai penugasan.
Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa multitasking diartikan sebagai kerja dengan banyak tugas.kamu juga bisa menemukan kata ini di Kamus Besar Bahasa Indonesia, lho. Yakni kita akan menemukan kata multitugas.
Berurusan dengan banyak tugas tentu tidak mudah begitu saja. Kita bisa-bisa kelimpungan dan justru tidak bisa menyelesaikan semuanya. Nah, inilah pentingnya prioritas tugasmu. Kamu harus bisa mengurutkannya dari yang tersulit sampai yang termudah. Sebab saat otak masih segar, lebih baik mengerjakan tugas yang paling berat terlebih dahulu. Dengan menentukan prioritas, kamu bisa menyelesaikan tugas sesuai deadline tanpa membuang-buang waktu.
Meski terkesan seram namun hal ini harus dilakukan demi manajemen waktumu. Tentu saja menetapkan tenggat waktu juga menjadi salah satu cara ampuh untuk bekerja secara multitasking. Deadline akan memudahkan dalam bekerja, lho. Juga, juga akan membuat pekerjaanmu lebih teratur. Jadi kamu tidak perlu takut lagi ketakutan dikejar kerjaan atau tidak memiliki waktu istirahat.
Deadline saja tidak cukup. Pasalnya, seringkali kita bisa lupa apa saja yang harus dilakukan. Nah, dengan mencarar To-do-list akan membantumu kegiatanmu menjadi lebih teratur dan memperjelas tujuanmu. Kamu harus to-do-list mulai dari hal-hal kecil sampai hal penting, kamu juga bisa menambahkan catatan kecil pada setiap poinnya. Cara ini juga sangat membantu bagi kamu yang sangat pelupa.
Kamu juga bisa lho, membuat to-do-list per tanggal, agar kamu bisa mengerjakan semuanya sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.
Tidak ada yang mudah untuk menjadi seseorang yang disiplin. pasalnya, musuh dari diri kita adalah keinginan kita sendiri. Setelah susah-susah menuliskan deadline, to-do-list atau bahkan skala prioritas, tidak ada gunanya kalau kamu tidak disiplin. Apalagi kamu tidak sungguh-sungguh dalam mengerjakannya. Kamu juga bisa menuliskan beberapa motivasi di desk kerja kamu agar memacu kamu untuk menyelesaikan tugas.
Nah, bagaimana pendapat kalian setelah membaca penjabaran di atas? Dalam bekerja multitasking, kamu juga perlu fokus. Kamu bisa mendengarkan musik atau menghirup aroma terapi untuk membantumu tetap fokus dan tenang. Sangat membantu lho untuk kamu yang banyak tugas. Sehingga semuanya dapat selesai sesuai keinginan dan target yang ditetapkan. Selamat mencoba!
Gawe.id
Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520
Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567
PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020
Subscribe Now
Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.