Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

5 Tips jika kamu Tertarik Berkarier Sebagai Public Relations


Memiliki keterampilan public relations yang kuat merupakan dasar dari perkembangan suatu perusahaan atau organisasi. Kita semua pasti tahu betul tentang dampak dari kekuatan media dan relasi.

Public relations sendiri adalah rangkaian strategi dan teknik yang digunakan untuk mengatur bagaimana seorang individu atau sebuah perasaan dilihat oleh masyarakat, terutama penggambarannya di media massa.

Tanpa adanya divisi public relations yang terampil, jangkauan konsumen tidak dapat dimaksimalkan dan reputasi perusahaan akan terus menerus terancam. Maka dari itu, public relations dapat dikatakan sebagai garda terdepan dari imej suatu instansi.

Bagi kamu yang kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, pasti banyak dari kamu yang bermimpi menjadi seorang PR (Public Relation / Hubungan Masyarakat). Tugas seorang PR adalah menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dengan perusahaan lain maupun dengan publik. Karena itu seorang PR dituntut bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif. Bukan cuma itu, ada beberapa keterampilan lain yang perlu dimiliki seorang PR,

  1. Kemampuan komunikasi yang baik

Tentunya sebagai seorang PR, kamu harus bisa menyampaikan pesan dengan baik sesuai tujuan perusahaan, baik verbal maupun non verbal. PR berperan sebagai mediator yang menyampaikan kebijakan dan harapan perusahaan kepada publik.

  1. Kemampuan menulis

Seorang PR juga memiliki pekerjaan dalam hal tulis-menulis. PR harus mampu mengelola informasi menjadi pesan yang mudah dimengerti. Biasanya PR ditugaskan membuat siaran pers (press release) untuk disebarkan ke berbagai media. Jadi buat kamu yang tertarik jadi PR asah terus kemampuan menulis dan perbanyak kosa katamu dengan membaca ya.

  1. Manajemen konflik

Setiap perusahaan beresiko menghadapi konflik, baik internal maupun eksternal. Untuk itu seorang PR dituntut bisa mengambil keputusan dan mencari solusi dari segala permasalahan demi menjaga citra perusahaan. Tentu ini bukan hal yang mudah, mengingat PR harus mengatur emosinya dengan baik ketika menghadapi beragam persoalan yang menyangkut nama baik perusahaan.

  1. Kemampuan riset

Public relation juga harus bisa melakukan riset untuk merancang komunikasi yang tepat sasaran, bermanfaat bagi masyarakat sekaligus menguntungkan perusahaan. Selain itu riset juga bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan yang dilakukan perusahaan.

  1. Pemahaman tentang media sosial

Di era digital saat ini, komunikasi semakin mudah dengan adanya media sosial, selain itu ketersebarannya juga lebih luas. Citra perusahaan juga tercermin dari aktivitas di media sosial. Kamu harus berpikir kreatif dan menentukan strategi publikasi yang positif.

Public relations merupakan istilah yang mungkin diketahui oleh banyak orang, namun kepentingannya dalam sebuah organisasi terkadang disepelekan. Untuk dapat meningkatkan keterampilan public relations, seseorang akan membutuhkan pengalaman dan latihan yang berskala.

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.