Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

Review Profesi Customer Relation Officer dan Perannya


Customer relation officer sudah tidak asing di telinga kita. Profesi ini berperan untuk berinteraksi dengan konsumen perusahaan dalam menyediakan informasi. Tidak jarang profesi ini juga bertugas untuk menjawab pertanyaan seputar produk atau jasa perusahaan. Nah, tapi sebenernya gimana sih Review Profesi Customer Relation Officer dan Perannya? Yuk simak artikel berikut ini ya!

Arti profesi customer relation officer bekerja

Arti dari relationship officer adalah sebuah posisi dengan tugas membangun hubungan yang mana merupakan sebuah cara dalam menjaga sebuah bentuk hubungan baik. 

Sedangkan arti dari kata customer/client relationship officer adalah posisi atau divisi yang bertugas untuk menjaga hubungan baik dengan nasabah perusahaan dalam dunia perbankan, baik secara internal perusahaan maupun dalam eksternal di perusahaan.

Gaji customer officer 

Sejauh ini, gaji customer relation Officer sendiri rata rata bisa mencapai Rp.3.500.000. Paling sedikit gaji yang diterima mencapai mencapai Rp.2.900.000 dan maksimal adalah Rp.4.250.000. Cukup menggiurkan bukan?

Memberi informasi pada konsumen

Yang perlu kita tahu sebenarnya tugas customer relation officer adalah melakukan percakapan dengan konsumen lewat telepon. Entah dengan tujuan menerima complain, menyelesaikan masalah, hingga menawarkan jasa.

Mereka juga dapat melakukannya secara langsung untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa. Customer relation officer pun mengkonfirmasi pesanan atau cancel akun dan mencatat detail dari komplain konsumen. Mereka juga menjaga catatan percakapan dengan konsumen dan juga transaksi, mencatat detail pertanyaan, komplain, komentar dan keputusan konsumen.

Mengisi administrasi

Mereka bertugas menentukan biaya yang dikenakan untuk layanan yang diperlukan konsumen, mengumpulkan pembayaran atau mengatur tagihan. Selain itu, mereka juga melengkapi formulir kontrak, menyiapkan catatan perubahan alamat, menerbitkan penghentian pesanan dan memakai komputer. 

Customer relation officer juga dapat memeriksa seluruh informasi relevan supaya bisa menilai validitas komplain dan juga kemungkinan penyebab seperti cuaca ekstrim yang bisa berimbas pada tingginya tagihan atau pesanan yang terlambat.

Memastikan komplain dan masalah selesai

Customer relation officer juga harus bisa memecahkan komplain layanan atau tagihan konsumen. Mereka melakukan aktivitas contohnya seperti mengembalikan uang, menyesuaikan tagihan atau mengganti barang. Jadi tidak hanya berkutat menjawab telepon saja, namun juga bertugas dalam urusan teknis.

Selain itu, mereka memeriksa untuk memastikan jika terjadi perubahan yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah konsumen. 

Selama masalah belum selesai, customer relation officer akan terus menghubungi konsumen sebagai respon pertanyaan atau pemberitahuan hasil investigasi atau tidak lanjut dari pertanyaan atau komplain konsumen.

Menyampaikan Evaluasi

Customer relation officer juga bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi kebijakan produk. Nantinya laporan ini akan diserahkan kepada kepala perusahaan. Antara lain laporan keluhan, permasalahan yang paling banyak ditemui, solusi yang paling sering dibutuhkan, dan lain sebagainya. Laporan ini akan dibahas oleh bagian manajemen agar permasalahan tersebut tidak terjadi lagi.

Nah, apakah kamu berniat untuk menjadi seorang customer relation officer? Tentu saja soft skill yang dimiliki adalah komunikasi yang baik dan pemecahan masalah yang baik. Tentu saja harus memiliki kesabaran yang tinggi karena berhadapan dengan banyak pelanggan. Demikian Review Profesi Customer Relation Officer dan Perannya dari Gawe.id. Semoga bermanfaat dan tunggu banyak artikel dari kami, ya~

 

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.