Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

Bagaimana Cara Membuat Surat Resign?


Halo, kawan. Kalian pasti sudah tahu istilah surat resign. Ya, surat ini diperlukan untuk kamu yang ingin mengundurkan diri dari perusahaan tempat bekerja. Tentu saja ketika mengundurkan diri, ada ketentuan dan prosedur yang harus dilakukan. Agar pengunduran diri dapat diterima, atau tidak menimbulkan kesan bahwa kamu merupakan seorang karyawan yang tidak menghargai pekerjaan dan perusahaan. 

Nah, biar kamu jauh dari “cap” seperti itu, maka Gawe.id telah merangkum bagaimana cara membuat surat resign yang benar. Tapi sebelum itu, apa sih manfaat membuat surat resign?

 

  • Pernyataan Resmi yang Bersifat Profesional

 

Surat pengunduran diri merupakan pernyataan resmi yang ditulis oleh karyawan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di antara karyawan dan perusahaan terkait. Selain itu, untuk menunjukkan sikap profesionalisme dalam bekerja.

Karena ketika kamu ingin melamar di perusahaan tersebut kamu membutuhkan surat melamar kerja, tentu jika kamu juga membutuhkannya. Yakni, surat yang menjelaskan keinginanmu meninggalkan perusahaan tersebut butuh pernyataan yang menandakan bahwa kamu seseorang yang bertanggung jawab dalam mengambil sikap. 

 

  • Memudahkan Perusahaan untuk Mencari Kandidat Baru 

 

Selain sebagai pernyataan resmi, surat ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempersiapkan karyawan setelah kamu resign. Perusahaan perlu mencari pengganti karyawan untuk menghindari kekosongan posisi kerja yang dapat berimbas kepada menurunnya tingkat produktifitas perusahaan. 

Langkah membuat surat resign

Pertama, kamu harus menuliskan keterangan tanggal dan tempat surat itu dibuat. Keterangan tersebut sebaiknya diletakan di bagian kiri atas surat. 

Kedua, tulis nama, jabatan dan alamat kantor orang yang kamu tujukan dalam surat pengunduran diri tersebut. Letaknya berada di bawah keterangan tanggal dan tempat surat itu dibuat. 

Ketiga, merupakan isi dari surat pengunduran diri dan alasan mengundurkan diri. Biasanya, isi surat ditulis pada bagian tengah surat. 

Keempat, salam penutup. Pada bagian ini kamu bisa menulis ucapan terimakasih karena sudah diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut, sekaligus ucapan permohonan maaf jika mungkin ada kesalahan, dan juga harapan agar perusahaan tetap bisa maju dan semakin berkembang. 

Kelima, nama lengkap dan tandatangan kamu selaku pembuat surat. Biasanya, ini ditulis dan diletakkan di bagian pojok kiri atau kanan bawah surat kamu. 

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.