Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

Kiat Sukses Untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama


Kamu yang baru saja lulus pasti ada fase resah mencari pekerjaan. Apalagi pekerjaan pertama di hidup kamu. Selain deg-degan, kamu pasti butuh tahu apa sih kiat sukses untuk mendapatkan pekerjaan pertama? Gimana caranya dan apa saja yang harus disiapkan?

Memang, dalam mencari pekerjaan pertama ada proses yang harus dilalui, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Menentukan Pekerjaan Sesuai Kemampuan

Terkadang kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah asal melakukan apply pekerjaan. Nah, pastikan diri kamu tidak melakukan hal tersebut. Ada baiknya, sebelum mencari pekerjaan, yang harus dilakukan adalah menentukan pekerjaan apa yang akan kamu ambil.

Beberapa pertimbangannya adalah pekerjaan yang dicari sesuai dengan jurusan yang kamu ambil saat kuliah. Kalau minat ketika kuliah tidak sejalan dengan passion maka pertimbangkan baik-baik mana dunia mana yang akan kamu jajahi di dunia karir. 

  • Mulai Mencari Koneksi

Mengandalkan orang dalam tentu tidak ada benarnya. Namun, memang menjalin koneksi sangat dibutuhkan dalam mencari pekerjaan. Jalinlah koneksi dengan seseorang yang telah sukses di pekerjaan yang kamu minati. Dalam hal mencari pekerjaan pertama kamu dapat memberitahu keluarga, teman atau kerabat bahwa kamu sedang mencari pekerjaan. Kamu juga bisa meminta informasi dari alumni atau dosen di kampus kamu yang bisa memberikanmu masukan.

Mencari koneksi tidak bisa sehari dua hari. Kamu perlu mencucinya sejak semester akhir. Ikuti komunitas daring atau luring untuk membangun koneksi dimanapun kamu berada.

Pertimbangkan Pekerjaan Untuk Pengalaman

Pengalaman adalah pelajaran berharga bagi banyak orang, jadi carilah perusahaan yang dapat memberikan kamu pengalaman yang baik untuk mengembangkan kemampuan dan kepribadian. Seorang karyawan yang berpengalaman biasanya akan dihargai lebih oleh banyak perusahaan dan menjadi nilai lebih dalam resume kamu.

  • Membuat Resume (CV)

Resume adalah dokumen yang memberi tahu perekrut mengenai tingkat pengalaman dan keahlian apa saja yang dapat kamu berikan untuk perusahaan.

Menampilkan resume akan mengarah pada keberhasilan pencarian kerja. Anda mungkin memiliki sedikit pengalaman atau bahkan belum berpengalaman dalam hal kerja.

  • Cari Peluang di Situs Pencari Kerja

Dengan berkembangnya teknologi situs pencari kerja online merupakan cara yang efektif untuk menemukan info lowongan kerja. Kamu juga bisa mencoba cara ini. 

Kamu bisa berburu peluang kerja dengan menggunakan berbagai kata kunci yang berhubungan dengan lowongan kerja yang kamu cari.

Kamu dapat membuat profil di aplikasi pencari kerja yang tersebar di internet. Buatlah kata-kata yang menarik seperti layaknya kamu sedang mempromosikan diri. Tampilkanlah beberapa keahlian, bakat dan pengalaman kamu.

  • Latihan Wawancara

Ini adalah hal yang cukup vital untuk menentukan apakah kamu diterima kerja atau tidak. Otomatis, setelah membuat resume dan mendapatkan kesempatan wawancara, maka kamu perlu mempersiapkan diri untuk tampil prima.

Ada baiknya kamu melihat kembali deskripsi pekerjaan dan pelajari informasi mengenai pekerjaan yang kamu lamar. Pelajari sejarah, visi dan misi perusahaan, cari tahu siapa yang dapat mewawancarai kamu, bacalah minat mereka dan kenali mereka dengan baik.

Informasi ini tidak hanya membantu dalam wawancara tetapi memberi kamu kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang informasi yang kamu temukan.

Kebanyakan pewawancara lebih suka pelamar yang terlibat dan menunjukkan bahwa mereka meluangkan waktu untuk mengenal bisnis sebelum wawancara.

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.