Tips & Trik

Dapatkan tips & trik menarik seputar dunia kerja

4 Cara Menolak Klien Menyebalkan


Kamu pasti pernah bertemu dengan “makhluk” semacam ini. Ya, klien menyebalkan. Klien semacam ini bertebaran di seantero muka bumi ini. Ada banyak sekali jenis klien menyebalkan. Seperti tidak mau salah, semena-mena, mengingkari janji, bahkan sok tahu. Nah, loh. Nggak jengkel tuh?

Hal ini pasti bikin kamu pusing tujuh keliling. Parahnya klien menyebalkan ini bisa ditemukan di bidang kerja apa saja. Kira-kira, apa ya yang bisa dilakukan untuk menolak klien menyebalkan ini? Jangan khawatir, berikut ini adalah 4 Cara Menolak Klien Menyebalkan ala Gawe.id yang sudah dirangkum cuma buat kamu! Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini.

 

  • Cobalah untuk jujur dan nggak sungkan

Nggak semua orang terlahir savage. Beberapa juga sangat menjaga perasaan orang lain sampai lupa dengan diri sendiri. Hal ini pun sering kali sampai ke ranah dunia kerja. Yang kamu perlu kuasai pertama kali dalam menolak seseorang adalah berani untuk tidak sungkan. Sungkan adalah perasaan enggan yang lahir dari hati. Singkatnya, perasaan nggak enak gitu. Kalau kamu terus menerus mempertahankan perasaan tersebut, wah, bisa-bisa kamu bakal diperlakukan semena-mena oleh para klien. Belajarlah untuk mengusir perasaan itu, yuk!

Kamu pun perlu jujur untuk menyampaikan keadaan yang sebenarnya kepada klien. Misalkan terkait dengan kendala pesanan, nilai jasa yang dihargai murah, atau bahkan sikap. Dengan bicara terus terang, kamu bakal terhindar dari klien menyebalkan.

 

  • Jelaskan profesi pekerjaanmu dengan gamblang

Apa kamu pernah mengalami klien yang memesan jasamu namun di luar kapasitas profesimu? Tentu saja kamu merasa kesal bukan? Masalahnya banyak sekali klien yang masih buta wawasan soal profesi seperti ini. Misalkan  kamu seorang desainer dan klienmu malah nyuruh kamu bikin desain ruang tamu. Tentu saja terjadi perbedaan pengertian soal profesimu. Maka dari itu jangan ragu untuk menjelaskan profesimu dengan gamblang kepada klien.

 

  • Selingi dengan bercanda

Meski telah jadi hak seseorang untuk menolak, namun tidak jarang ada klien yang merespon penolakan dengan tidak baik. Ada yang marah, kecewa berlebihan, atau bikin konten di tik tok. Untuk meminimalisir hal tersebut, ada baiknya kalau kamu menyelipkan candaan ketika ingin menolak permintaan. Humor atau candaan bisa meredakan rasa canggung dan ampuh dalam mengalihkan pembicaraan.

 

  • Beri rekomendasi tempat lain

Cara kilat untuk menolak klien menyebalkan adalah dengan ‘mengorbankan’ teman sejawat kita. Alias, kita memberikan rekomendasi calon klien untuk pergi ke tempat jasa lain. Memang, salah satu cara menolak permintaan orang lain adalah dengan memberikan solusi lain, termasuk dengan mengalihkan klien kepada orang lain dengan alasan yang lebih mumpuni.

Nah, itu adalah serangkaian 4 Cara Menolak Klien Menyebalkan ala Gawe.id yang sudah dirangkum cuma buat kamu! Jangan khawatir, semua orang berhak menolak kok. Apalagi kalau klien menyebalkan abis. Tapi, bijak-bijak dalam menyatakan penolakan ya, dan semoga berhasil! 

 

Gawe.id

Office park 18 Jl. Simatupang No.18 Pasar Minggu, South Jakarta, 12520

Email : admin@gawe.id
Phone : +62 8686-8388-567

PT. Swakarya Insan Mandiri © 2020

Subscribe Now

Gawe.id memberikan anda informasi lowongan kerja terkini. Jangan lewatkan kesempatan Anda.